Minggu, 19 Mei 2013

Banyak Misteri yang berkaitan dengan MISTIK di pedalaman Papua, hak ini tidak terlepas dari adat istiadat dan kebudayaan setempat

 anda boleh percaya ..... boleh   tidak.....!!!!

Kibay adalah salah satu dusun terpencil yang ada di salah satu kampung pedalaman Papua, masyarakat di dusun tersebut masih memegang erat adat istiadat leluhur mereka, tetapi jiwa merah putih mereka tidak di ragukan lagi karena mayoritas penduduk dusun tersebut sangat mendukung pemerintah.
 
Kita akan mengupas tentang sesuatu yang mistis yang berkaitan dengan adat istiadat di daerah pedalaman papua, maksud dari tulisan ini hanya untuk mempublikasikan keaneka ragaman budaya salah satu suku bangsa kita yaitu Papua.. ternyata banyak kebudayaan yang tidak di ketahui oleh publik, tentunya hal ini dapat mendatangkan hal yang positif bagi kita semua.

Sinas adalah : suatu pekerjaan yang di lakukan oleh orang orang yang memiliki kesaktian yang bertujuan untuk melumpuhkan, menyakiti, atau bahkan dapat membunuh orang lain.dengan maksud tujuan tertentu calon korban sudah menjadi target sang Sinas jauh sebelum aksi tersebut di lakukan, dengan kata lain sinas bisa di kategorikan dengan Santet.

Pada jaman dahulu suku suku yang ada di pedalaman papua, menggunakan Sinas untuk berperang melawan suku lain, agar dalam perperangan musuh menjadi lemah.. menurut salah satu kepala suku, sinas menggunakan bantuan SWANGGI ( jin). sehingga dalam hitungan menit sang korban menjadi tidak berdaya.

Namun pada era sekarang ini Sinas sudah jarang di lakukan oleh orang orang pedalaman karena penyelesaian setiap permasalahan sudah di bawa ke ranah hukum dan juga sekarang masyarakat papua pedalaman sudah mengenal agama, hanya masih beberapa suku saja yang kadang kala masih melakukan Sinas.

Selain itu ada beberapa suku yang menggunakan Sinas untuk hal-hal yang positif, seperti menolak bala, melindungi suatu kampung dari penyakit, pengobatan penyakit yang bersifat nonmedis.

Salah satu bentuk Sinas yang sering di gunakan oleh suku pedalaman adalah dengan menggunakan tari-tarian mistik, dimana para penari ini adalah orang orang yang sakti, ritual yang dilaksanakan adalah dengan menari adat mereka, sambil membakar kunyit hutan, kemudian menyebutkan nama atau kampung yang menjadi sasaran.

Selain itu ada juga yang menggunakan cara menyembelih babi yang akan di tumbalkan kepada tempat tempat yang keramat sembari mengundang roh roh leluhur mereke kemudian mengiris tangan mereka sampai keluar darah dan sambil menyebutkan nama orang yang akan menjadi korban.



















































Kita patut bangga bahwa budaya suku bangsa kita sangat beraneka ragam, dan kita juga dapat mengambil sisi positif, hal yang serupa bahwa di daerah lain banyak yang hampir mirip dengan Sinas, hanya saja nama dan cara yang berbeda.
Para pembaca boleh menilai hal tersebut sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing masing. rubik ini sengaja di publikasikan atas pengalaman dari daerah daerah yang ada di pedalaman ujung timur negeri kita. dengan maksud untuk menambah wawasan.  terima kasih..... 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar